Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran orang tua terhadap pembinaan perilaku anak usia 4-6 tahun. Terkait variabel (x) dalam penelitian ini adalah peran orang tua, sedangkan (y) adalah pembinan perilaku anak usia 4-6 tahun Siswa RA Ar-rasyid jatiwaringin pondok gede Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (observasi) melalui pendekatan deskripsi kualitatif, Jenis penelitian ini sangat relevan dengan objek penelitian. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah murid-murid dari RA Ar-rasyid. Dengan sempel dari populasi yang di ambil menggunakan angka ganjil maka sampel yang di peroleh sebanyak 19 anak dari 2 kelas yang ada.Pengumpulan data yang di ambil merupakan data kuesioner berupa isi dari 10 pertanyaan yang diajukan kepada orang tua siswa, seputar kegiatan anak selama di rumah. Setelah melaksanakan pembahasan penelitian ini, diketahui bahwa peran orang tua dalam pembinaan perilaku anak usai 4-6 tahun sangat berperan penting dan mempunyai andil yang cukup besar terhadap tumbuh kembang anak seperti anak dapat mengetahui aturan orang tua memberikan pengertian dan menggunakan komunikasi yang mudah dipahami bagi anak. Hal ini terbukti dari hasil penilaian dan pengamatan terhadap aspek perkembangan perilaku anak, menunjukan rata-rata anak memperoleh nilai “baik†dengan demikian anak mempunyai andil yang cukup besar dalam pembinaan perilaku anak usia 4-6 tahun
Copyrights © 2021