JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Dampak Penggunaan Gadget pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang

Pardede, Ratna (Unknown)
Watini, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat dampak yang ditimbulkan terhadap penggunaan gadget baik dampak positif maupun dampak negatif terhadap perkembangan emosional anak usia dini di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak berusia 4-5 tahun di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2021.Hasil dari penelitin ini adalah penggunaan gadget berdampak pada emosional anak usia dini TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Dari hasil penelitian ini terdapat 10 anak yang menggunakan gadget dengan durasi lebih dari 2 jam perhari yang mengalami dampak yang ditimbulkan yaitu dampak positif, membantu anak dalam merangsang kemampuan motorik. Namun, dampak negatif yang ditimbulkan gadget, berpengaruh pada perkembangan emosional anak, terutama aspek pertumbuhan emosi dan perkembangan moral. Dalam penggunaan emosi anak lebih mudah marah, susah diatur dan berbicara pada diri sediri pada gadget. Sedangkan pengaruhnya pada moral berdampak pada kedisplinan, berkurang waktu belajar dan sering main game dan menonton Youtube.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...