Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Pengembangan Video Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Dwi Antari Wijayanti (Universitas Negeri Jakarta)
Makmuri Makmuri (Universitas Negeri Jakarta)
Mukti Indrawati (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model Borg dan Gall dengan lima tahapan utama, yaitu melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa memperoleh persentase sebesar 90,38% dan ahli media memperoleh persentase sebesar 82,50% dengan kategori sangat baik. Pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan oleh 15 siswa diperoleh persentase sebesar 86,24%. Kemudian pada uji coba kelompok besar yang dilakukan oleh 36 siswa kelas VII SMP Negeri 9 Jakarta memperoleh persentase sebesar 88,23% yang berategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan video pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...