Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Ditinjau dari Gaya Kognitif

Natasya Yoesepa Dwi Utamo (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sukirwan Sukirwan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yani Setiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan dilihat dari gaya kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP DAAR EL-ROFA. Intrumen dalam penelitian ini diantaranya tes GEFT, soal Himpunan dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, tes, dan wawancara. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan siswa tipe field independent terdapan pada tahap merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan melihat kembali. Sedangkan siswa dengan tipe field dependent melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencna penyelesaian masalah, dan melihat kembali. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa tipe FI lebih sedikit dibandingkan dengan siswa tipe FD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...