Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Problematika Implementasi Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Siswa SMP Kota Jambi Selama Pandemi Covid-19

Nurdina Khairunnisa (Universitas Jambi)
Damris Damris (Universitas Jambi)
Kamid Kamid (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan implementasi pembelajaran matematika secara daring pada siswa SMP Negeri Kota Jambi selama pandemi Covid-19, dan untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa SMP Negeri Kota Jambi dalam pemecahan masalah matematika. Dalam menentukan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Kota Jambi dengan jumlah 9 orang dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di SMPN 5 Kota Jambi faktor internal dengan kategori kesulitan tinggi adalah minat, motivasi, dan pemahaman materi, di SMPN 11 Kota Jambi yaitu minat, motivasi, sikap, dan pemahaman materi, dan SMPN 22 Kota adalah minat, dan pemahaman siswa sedangkan faktor eksternal SMP Negeri Kota Jambi ini memiliki aspek yang sama, yaitu keluarga, dan siswa dengan kemampuan tinggi dalam pemecahan masalah matematika kesulitan dalam tahap melihat kembali, kemampuan sedang kesulitan dalam melaksanakan rencana dan memeriksa kembali, dan kemampuan rendah kesulitan dalam tahap pemecahan masalah matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...