Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Hambatan Epistemologi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Belajar dan Perbedaan Gender

Fauziah Ambar Parawansa (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Rizki Dwi Siswanto (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan epistemologi peserta didik dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial yang ditinjau dari gaya belajar. Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan purposive sampling dengan subjek 6 peserta didik terdiri dari 1 peserta didik laki-laki bergaya belajar visual, 1 peserta didik perempuan bergaya belajar visual, 1 peserta didiki laki-laki bergaya belajar auditorial, 1 peserta didik perempuan bergaya belajar auditorial, 1 peserta didik laki-laki bergaya belajar kinestetik, dan 1 peserta didik perempuan bergaya belajar kinestetik. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket gaya belajar dan tes aritmatika sosial. Analisis data pada penelitian ini yaitu kategorisasi dan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Teknik triangulasi dilakukan dengan melakukan keabsahan data yaitu membandingkan hasil tes aritmatika sosial subjek dengan wawancaranya. Hasil dari penelitian ini adalah subjek bergaya belajar auditorial bergender laki-laki maupun perempuan lebih sedikit mengalami hambatan epistemologi daripada subjek bergaya belajar visual bergender laki-laki maupun perempuan dan subjek bergaya belajar kinestetik bergender laki-laki maupun perempuan. Hambatan epistemologi yang dialami subjek bergender perempuan lebih sedikit daripada subjek bergender laki-laki.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...