Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan epistemologi peserta didik dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial yang ditinjau dari gaya belajar. Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan purposive sampling dengan subjek 6 peserta didik terdiri dari 1 peserta didik laki-laki bergaya belajar visual, 1 peserta didik perempuan bergaya belajar visual, 1 peserta didiki laki-laki bergaya belajar auditorial, 1 peserta didik perempuan bergaya belajar auditorial, 1 peserta didik laki-laki bergaya belajar kinestetik, dan 1 peserta didik perempuan bergaya belajar kinestetik. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket gaya belajar dan tes aritmatika sosial. Analisis data pada penelitian ini yaitu kategorisasi dan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Teknik triangulasi dilakukan dengan melakukan keabsahan data yaitu membandingkan hasil tes aritmatika sosial subjek dengan wawancaranya. Hasil dari penelitian ini adalah subjek bergaya belajar auditorial bergender laki-laki maupun perempuan lebih sedikit mengalami hambatan epistemologi daripada subjek bergaya belajar visual bergender laki-laki maupun perempuan dan subjek bergaya belajar kinestetik bergender laki-laki maupun perempuan. Hambatan epistemologi yang dialami subjek bergender perempuan lebih sedikit daripada subjek bergender laki-laki.
Copyrights © 2021