Kemampuan siswa dalam memahami konsep matematis merupakan pedoman yang penting. Namun siswa di Indonesia memiliki pemahaman konsep matematis yang masih rendah dikarenakan penggunaan bahan ajar yang kurang tepat. Bahan ajar yang digunakan untuk memahamkan konsep matematis yaitu LKS. LKS harus sesuai dengan kurikulum dan cocok saat pembelajaran daring yaitu menggunakan pendekatan saintifik dan melalui live worksheets. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS berbasis saintifik berbantuan live worksheets untuk memahamkan konsep matematis pada aritmetika sosial yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model 4D. Hasil validasi diperoleh bahwa LKS memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3,97. Hasil kepraktisan diperoleh bahwa LKS memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 3,65. Hasil keefektifan diperoleh bahwa LKS memenuhi kriteria efektif yaitu sebanyak 80% siswa memiliki nilai lebih atau sama dengan 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis saintifik berbantuan live worksheets untuk memahamkan konsep matematis pada aritmetika sosial yang valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2021