Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras

Rina Rina (IKIP SILIWANGI)
Martin Bernard (IKIP SIliwangi)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dijalankan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan sejumlah kesalahan yang dilakukan oleh para siswa dalam melakukan penyelesaian soal teorema pythagoras. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek sejumlah 25 orang siswa kelas VIII SMP NEGERI 1 Pasawahan Purwakarta tahun akademik 2020/2021. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini ialah lembar tes soal Teorema Pythagoras yang didalamnya memuat 5 buah soal dalam bentuk uraian. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara menghitung persentase kesalahan siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa kesalahan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal Teorema Pythagoras yakni (1) kurang begitu menguasai konsep ataupun prasyarat tentang teorema pythagoras; (2) kesalahan dalam menggunakan rumus Teorema Pythagoras;(3) kurangnya ketelitian dalam menghitung serta proses yang digunakan untuk melakukan penyelesaian soal yang kurang begitu tepat; (4) tidak membuat model matematika; dan (5) tidak memahami menyederhanakan bentuk akar kuadrat. Kesalahan yang paling banyak ditemui adalah kesalahan terhadap konsep, yang mana kesalahan terhadap konsep ini banyak dialami para siswa ketika mengerjakan soal teorema pythagoras. Kurangnya penguasaan terhadap materi prasyarat, kurangnya ketelitian pada saat menjawab sejumlah soal, serta kurangnya pemahaman bahasa soal secara optimal merupakan aspek penyebab munculnya kesalahan yang dialami oleh para peserta didik dalam mengerjakan soal teorema pythagoras.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...