Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IX pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis

Siti Farida Sarlina (UHAMKA)
Fitri Alyani (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kesulitan belajar matematika siswa kelas IX pada materi persamaan kuadrat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method. Subjek pada penelitian ini adalah siswwa kelas IX di 3 sekolah (SMPN 1 GunungPutri, SMPN 4 GunungPutri, dan SMP Sekolah Alam Cikeas) sebanyak 45 peserta didik. 4 soal uraian matematika dengan indikator kemampuan komunikasi matematis digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Software Winsteps. Dilakukan wawancara kepada 2 orang siswa dengan tingkat kemampuan tinggi dan rendah untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam mempelajari materi persamaan kuadrat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada peserta didik dengan kemampuan tinggi, Ia dapat memahami konsep dan menggunakan rumus dengan benar. Sedangkan pada peserta didik dengan kemampuan rendah, peserta didik cukup kesulitan untuk memahami pertanyaan dan mengaplikasikan rumus pada jawabannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...