Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Peran Bahan Ajar Berbasis Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup di Tingkat Perguruan Tinggi

Sepni Wita (STKIP Nasional, Indonesia)
Wage Ummami (STKIP Nasional, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya karakter di kalangan pelajar, termasuk tingkat perguruan tinggi, khususnya masalah tentang kependudukan dan lingkungan hidup. Pembelajaran berkmakna perlu diwujudkan dalam proses belajar dan pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran berbasis karakter. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap materi. Tujuan Akhir dari penelitian ini adalah menciptakan bahan ajar berbasis karakter yang valid, praktis, dan efektif. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Quantum Teaching and Learning. Jenis penelitian menggunakan mode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Objek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi di STKIP Nasional yang mengambil mata kuliah Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH). Data diambil melalui lembaran observasi dan dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya peningkatan karakter mahasiswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching Learning, sehingga bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi tingkat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan karakter mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...