Jurnal Basicedu
Vol 5, No 4 (2021): August Pages 1683- 3000

Analisis Implementasi Karakter Mandiri Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Media Asinkronus

Tera Noviantiningtyas Ripto Saputri (Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia)
Bagus Amirul Mukmin (Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini menggunakan media berbasis asinkronus untuk sebagai media pendukung untuk siswa SDN Mojoroto 4 Kota Kediri untuk pengumpulan tugas dengan didampingi orang tua. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis karakter mandiri siswa di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan media asinkronus amaka dapat dijadikan pedoman untuk mengetahui karakter siswa langsung dari orang tuannya sehingga guru dapat bekerjasama orang tuanya secara langsung. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian yaitu kelas IV A terdiri dari 15 siswa, 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil penelitian ini selama pembelajaran daring banyak dominan siswa sangat tanggung jawab terhadap pembelajaran dan banyak siswa tepat waktu dalam mengumpulkan sebanyak 9 orang atau 60%, siswa yang selalu semangat ikut pembelajaran sebanyak 10% atau 66,6%, lebih dominan kriteria siswa rajin sebnayak 14% atau 93,3%, kemudian siswa yang terkadang mampu membuat karya mandiri banyak dibimbing orang tua dalam mengerjakan sebanyak 11 orang atau 73,3%, siswa terkadang bertanya saat pembelajaran sebanyak 10 orang siswa atau 66,6%, kemudian siswa y terkadang minta bimbingan orang tua atau orang lain dalam mengerjakan sebanyak 11 orang atau 73,3%, dan siswa yang terkadang belajar sebanyak siswa 8 orang atau 53,3%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...