Journal of Education Action Research
Vol 5, No 3 (2021): August 2021

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Pada Siswa Kelas VI

Sulistiyo, Sulistiyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran matematka berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar operasi hitung campuran melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan.Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni sebanyak  23 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir tindakan siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 74,07% meningkat pada siklus II menjadi 90,48%. Selanjutnya, nilai rata-rata kelas hasil tes formatif I mencapai 72,61 (69,57%) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 77,39(86,96%), sehingga mengalami peningkatan sebesar 17,39%. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi operasi hitung campuran pada siswa kelas VI SD 1 Undaan Tengah Kudus. Disarankan bahwa, pada proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta melibatkan aktivitas seluruh siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...