Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa kelas V dengan hasil tes belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran group investigation. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Data dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 butir. Data hasil belajar dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar. Data diambil dari tiga kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Data hasil belajar yang diperoleh siswa pra siklus yaitu dengan nilai rata-rata 64.35 dan ketuntasan belajar mencapai 48.39%, siklus I mengalami peingkatan dengan nilai rata-rata sebesar 68.55 ketuntasan belajar mencapai 58.06%, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 76.13 dan ketuntasan belajar 83.87%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021