Mimbar Ilmu
Vol 26, No 2 (2021): Augustus

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Anturan Tahun Pelajaran 2020/2021

Devi, Kadek Sri Trisna (Unknown)
Wibawa, I Made Citra (Unknown)
Sudiandika, I Kadek Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa kelas V dengan hasil tes belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran group investigation. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Data dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 20 butir. Data hasil belajar dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata nilai siswa dan ketuntasan belajar. Data diambil dari tiga kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Data hasil belajar yang diperoleh siswa pra siklus yaitu dengan nilai rata-rata 64.35 dan ketuntasan belajar mencapai 48.39%, siklus I mengalami peingkatan dengan nilai rata-rata sebesar 68.55 ketuntasan belajar mencapai 58.06%, dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 76.13 dan ketuntasan belajar 83.87%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...