Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan kuis interaktif menggunakan aplikasi Mentimeter dalam meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang diguanakan adalah komparatif. Populasi adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk dengan sampel berjumlah 25 mahasiswa semester III yang menempuh mata kuliah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar mahasiswa antara sebelum dan sesudah perlakuan. Rata-rata hasil belajar jika berdasarkan nilai postest sebesar 78,00 lebih besar dari nilai pretest sebesar 68,00. Pengunaan aplikasi mentimeter sebagai kuiz interaktif membuat mahasiswa lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Antar mahasiswa menunjukkan adanya kompetisi yang positif setiap diadakan kuis. Suasana proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena mahasiswa tetap bisa belajar layaknya bermain menggunakan smartphone.
Copyrights © 2021