Mimbar Ilmu
Vol 26, No 2 (2021): Augustus

Implementasi Quiz Interaktif Dengan Software Mentimeter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Andrini, Vera Septi (Unknown)
Pratama, Hendrik (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan kuis interaktif menggunakan aplikasi Mentimeter dalam meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang diguanakan adalah komparatif. Populasi adalah  mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk dengan sampel berjumlah 25 mahasiswa  semester III yang menempuh mata kuliah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar mahasiswa antara sebelum dan sesudah perlakuan. Rata-rata hasil belajar jika berdasarkan nilai postest sebesar 78,00 lebih besar dari nilai pretest sebesar 68,00. Pengunaan aplikasi mentimeter sebagai kuiz interaktif membuat mahasiswa lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Antar mahasiswa menunjukkan adanya kompetisi yang positif setiap diadakan kuis. Suasana proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena mahasiswa tetap bisa belajar layaknya bermain menggunakan smartphone.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...