Mimbar Ilmu
Vol 26, No 2 (2021): Augustus

Model Pembelajaran Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik

Kiabeni, Yuliana Yosefina (Unknown)
Kanca, I Nyoman (Unknown)
Artanayasa, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran ditinjau dari minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik kelas V SDN 3 Kampung Baru. Rancangan penelitian quasi experimental ini dilakukan dengan pendekatan “treatment by level” dengan desain faktorial 2 x 2. Subjek penelitian berjumlah 40 orang yang terbagi dalam 2 kelompok, minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Hasil analisis data penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar senam lantai pada peserta didik secara keseluruhan yang menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran PBL; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik; (3) Peserta didik dengan minat belajar tinggi, yang menggunakan model pembelajaran PBL mempunyai hasil belajar senam lantai lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan (4) Peserta didik dengan minat belajar rendah, yang menggunakan model pembelajaran konvensional mempunyai hasil belajar senam lantai daripada yang menggunakan model pembelajaran PBL. Model pembelajaran PBL merupakan strategi pembelajaran terbaik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran senam lantai, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran, minat belajar, hasil belajar, senam lantai

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...