Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 3 (2021): November

Model Discovery Learning Berbatuan Power Point Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA)

Hizbi, Agis Hizbi (Unknown)
Suarjana, I Made (Unknown)
Sudarmawan, Gede Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA dan kurangnya motivasi siswa dalam mempelajarinya menjadikan sebuah permasalahan dalam proses pembelajaran. Peneitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada kelas 4 SD. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas  yang dilaksankan dalam 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini kelas 4 SD yang berjumlah 24 orang terdiri 14 laki-laki dan 10 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembeljaran discovery learning pada siswa kelas 4SD. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa prasiklus dengan nilai rata-rata sebesar 61,46 yang berada pada kategori rendah, siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 68,13. yang berada pada kategori cukup. Pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,17% dan berada pada kategori tinggi sehingga sudah meningkat. Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini berimplikasi pada penerapan model discovery learning yaitu, siswa berperan aktif dalam pembelajaran karena dihadapkan pada permasalahan siswa yang tidak focus dan terkadang ribut dalam proses pembelajaran, pembelajaran bermakna, dan pembelajaran berpusat pada siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...