Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa kelas III belum optimal. Keterlibatan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran tidak mengkaji permasalahan yang berbasis situasi dunia nyata siswa sehingga menyebabkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) Siswa Kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) pada siklus I yaitu 63.64 dengan kategori rendah dan pada siklus II meningkat menjadi 75.9 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar tematik (muatan pelajaran Bahasa Indonesia) siswa kelas III SD.
Copyrights © 2021