Problematika pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 adalah ketidaksusaian lingkungan dengan mengubah kebiasaan lama sehingga orang tua melakukan berbagai cara agar orang tua bisa memberikan perilaku yang positif terhadap anak. Tulisan ini fokus pada model perilaku positif pada orang tua dimana peran orang tua sangat penting bagian dari pembelajaran daring oleh anak ditengah ketidakpastian pandemi COVID-19 berakhir. Adapun metode dalam tulisan ini adalah studi kepustakaan atau kajian literatur tentang perilaku positif dengan analisis model logika. Hasil menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi perilaku positif orang tua kepada anak dalam pembelajaran daring ditengah pandemi COVID-19 harus memenuhi unsur percaya diri, harapan, optimisme, ketahanan dan kecerdasan orang tua dalam menyikapi pembelajaran daring dilakukan oleh anaknya. Selain itu modal sosial sebagai alternatif memperkuat perilaku positif orang tua terhadap anak agar rasa nyaman atas kehadiran orang tua untuk mendampingi pembelajaran daring.
Copyrights © 2021