Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat hubungan peran kontrol diri dan aktivitas penggunaan game online terhadap prokrastinasi akademik pada siswa MAN Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif Teknik korelasi. Subjek penelitian ini berjumlah 149 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket skala likert dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Korelasi Ganda. Hasil penelitian yaitu (1) Siswa memiliki prokrastinasi akademik yang sangat tinggi (2) Siswa memiliki intensitas penggunaan game online yang sangat tinggi (3) kontrol diri yang sangat rendah (4) Terdapat rhitung -0.629 dengan p=0.000 < ? 0.05 korelasi negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik siswa (5) Terdapat rhitung 0.639 dengan p=0.000 < ? 0.05 korelasi positif yang signifikan antara aktivitas penggunaan game online dengan prokrastinasi akademik siswa (6) Hubungan yang signifikan yang negative antara kontrol diri dan aktivitas penggunaan game online dengan prokrastinasi akademik. Semakin rendah kontrol diri dan aktivitas penggunaan game online tinggi, semakin tinggi prokrastinasi akademik
Copyrights © 2020