Rainstek : Jurnal Terapan Sains dan Teknologi
Vol. 1 No. 1 (2019): Maret

Pengaruh Model Blended Learning menggunakan Schoology Terhadap Prestasi Belajar ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa

Siti Farhatus Tsaniyah (Universitas Kanjuruhan)
Hena Dian Ayu (Universitas Kanjuruhan)
Hestiningtyas Yuli Pratiwi (Universitas Kanjuruhan)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi antara yang belajar menggunakan model blended learning dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MAN Baureno Bojonegoro dan sampelnya yaitu kelas XI-MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 0,045 ≤ 0,05, artinya ada perbedaan prestasi belajar pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi antara yang belajar menggunakan model blended learning dan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, siswa dengan kemandirian tinggi yang mengikuti blended learning menggunakan scholoogy cenderung belajar lebih baik dan akan senantiasa bersaing untuk menunjukkan hasil yang terbaik..

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtst

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi welcome article submissions from all applied science and technology research areas including Mathematics, Physics, Technology, and Information System . Papers relating directly or indirectly to all aspect of these fields are also welcome to submit. ...