Rainstek : Jurnal Terapan Sains dan Teknologi
Vol. 1 No. 4 (2019): Desember

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PEER TUTORIAL

Albertus Pati Molan (Universitas Kanjuruhan)
Akhmad Jufriadi (Universitas Kanjuruhan)
Hestiningtyas Yuli Pratiwi (Universitas Kanjuruhan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan, motivasi belajar siswa masih sangat rendah sehingga prestasi belajar yang diperoleh siswa SMP Negeri 23 Malang Tahun Ajaran 20 16/2017, pada mata pelajaran IPA menjadi sangat rendah pula. Rata-rata ketuntasan berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 68.51. Sedangkan nilai KKM maka yang dipakai di SMP Negeri 23 Malang adalah 75. Dilihat dan persyaratan ketuntasan tersebut siswa yang mencapai KKM untuk kelas VIII 3 hanya 13 siswa dan 33 siswa atau 37,17%. Dengan demikian peneliti akan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis peer tutorial untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII 3 SMP Negeni 23 Malang dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis peer tutorial subyek penelitian mi adalah siswa kelas VIII 3 SMP Negeni 23 Malang yang berjumlah 35 siswa. Penelitian mi menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua sikius dengan tahapan-tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada sikius I adalah 78,35% berada pada kategori baik dan pada sikius II adalah 93,75% berada pada kategori sangat baik. Sedangkan untuk presentase motivasi belajar siswa path sikius I adalah 65,38% berada pada kategori cukup baik dan pada siklus I adalah 82.04% berada pada kategori baik. Dan presentase prestasi belajar siswa path siklus I adalah 65,71% dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,51% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran inquiri terbimbing berberbasis peer tutorial dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtst

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences

Description

Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi welcome article submissions from all applied science and technology research areas including Mathematics, Physics, Technology, and Information System . Papers relating directly or indirectly to all aspect of these fields are also welcome to submit. ...