Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo Tahun pelajaran 2020/2021

Nurul Khoiriyah Hulawa (MAN 1 Kota Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar Al- Quran Hadits melalui metode diskusi pada siswa kelas XI di MAN 1 Kota Gorontalo. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan belajar Al-Al-Quran Hadits siswa Kelas XI Di MAN 1 Kota Gorontalo Tahun 2021?, dan (2) Apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar Al-Quran Hadits siswa Kelas XI Di MAN 1 Kota Gorontalo Tahun 2021? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi amar ma’ruf nahi mungkar yang pembelajarannya diterapkan metode pembelajaran diskusi adalah sedang dengan perincian dari 24 orang siswaterdapat 6 orang siswa atau 25% memeperoleh nilai kategori tinggi, 17 orang atau 70,83% memperoleh nilai sedang, dan 1 orang siswa atau 4,16% memperoleh nilai kategori rendah dengan nilai rata-rata tes hasil belajar sebesar 78,33. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi amar ma’ruf nahi mungkar yang pembelajarannya diterapkan metode ceramah adalah sedamg dengan perincian dari 22 orang siswa terdapat 2 orang siswa atau 9,09% yang mendapat kategori nilai tinggi, 14 orang siswa atau 63,63% memperoleh nilai kategori sedang dan 6 orang siswa atau 27,27% memperolehnilai kategori rendah dengan nilai rata-rata 68,68.3. Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa pada materi pembelajaran amar ma’ruf nahi mungkar di kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...