Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Pengembangan Situs Batu Berani dengan Menggunakan Konsep Pariwisata Berkelanjutan dan Online Marketing Campaign di Desa Botubarani

Muhamad Danial Suma (Program Studi Teknik Geologi, Universitas Negeri Gorontalo)
Intan Noviantari Manyoe (Program Studi Teknik Geologi, Universitas Negeri Gorontalo)
Rohmat Setiawan Duwingik (Program Studi Teknik Geologi, Universitas Negeri Gorontalo)
Fikri Boften (Program Studi Teknik Geologi, Universitas Negeri Gorontalo)
Waode Emiria Srikandi (Program Studi Teknik Geologi, Universitas Negeri Gorontalo)
Fandji Marfian (Program Studi Teknik Geologi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Desa Botubarani memiliki keanekaragaman geologi yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata. Melalui survei yang dilakukan tim PHP2D, Desa Botubarani memiliki potensi wisata geologi yaitu situs Batu Berani. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengidentifikasi potensi yang dapat dilakukan sebagai upaya perencanaan dan pengembangan wisata yang akan memberikan dampak terhadap peningkatan pendapatan untuk masyrakat di Desa Botubarani. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Desa Botubarani memiliki potensi geologi situs Batu Berani yang dapat dikembangkan dengan konsep pariwisata berkelanjutan. Program yang diterapkan oleh tim PHP2D membawa perubahan kondisi situs yang ada di Desa Botubarani baik dari segi infrastruktur berupa QR Qodes, papan informasi situs batuberani dan hiu paus serta peningkatan kreatifitas masyarakat dengan adanya sosialisasi pembuatan kerajinan tangan dari bahan-bahan di alam.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...