Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Peningkatan Hasil Belajar Qur’an Hadist Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa MTs Al-Huda Kota Gorontalo Tahun pelajaran 2019/2020

Nurliyan Hulawa (Guru MTS Al-Huda Kota Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didikkelas IX MTS Al-Huda Kota Gorontalo pada mata pelajaran Qur’an Hadist. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan sujek penelitian siswa kelas IX MTS Al-Huda Kota Gorontalo. Hasil dari penelitian ini penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik menyangkut kegiatan guru, aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, serta berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX MTS Al-Huda Kota Gorontalo. Hal ini dapat dilihat pada hasil yang dicapai berikut ini : a) Aktivitas guru mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 76.92% yang terlaksana meningkat pada siklus II sebesar 100% yang terlaksana. b) Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 54,54% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas. c) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 71,75% yang tuntas meningkat pada siklus II sebesar 100% yang tuntas

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...