Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Implementasi Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 06 Popayato Barat

Junus Madjid (SD Negeri 06 Popayato Barat)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervise akademis dapat meningkatkankompetensi guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran, menyususn adminstrasi penilaian pembelajaran dan proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian perencanaan pembelajaran dari 12 aspek yang dinilai rata-rata hasil penilaian perencanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 82% atau sudah termasuk kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 93% kategori sangat baik. Supervisi administrasi penilaian pembelajaran dari 10 aspek pada siklus I yang dinilai rata-rata hasil penilaian administrasi pembelajaran sebesar 84 % atau sudah termasuk kategori baik. Meningkat pada siklus II menjadi 93% kategori sangat baik. Supervisi proses pembelajaran atau penilaian kunjungan kelas dari 3 aspek yang dinilai aspek pendahuluan, aspek kegiatan inti dan aspek penutup, pada siklus I rata-rata hasil penilaian kunjungan kelas sebesar 85 % atau sudah termasuk kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 94% kategori sangat baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...