Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Evaluasi Program Bantuan Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Jakarta Pusat 1

Agus Ramdan Rukmana (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Andita Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Jamas Sari Murni (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)
Via Halida Adzani (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Teaching Factory merupakan suatu pendekatan dalam dunia pendidikan vokasi dimana dirancang proses pembelajaran seperti dunia kerja bertujuan memodernisasi proses pengajaran praktik industri secara dekat, mempunyai pengetahuan di bidang industri dengan model CIPP (context, input, process, output). Langkah-langkah penelitian yang ditempuh adalah melakukan studi pendahuluan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Evaluasi proses penggunaan dana bantuan Teaching Factory di SMK Jakarta Pusat 1 telah berjalan sesuai dengan Peraturan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Nomor: 09-PS-2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Pemerintah Teaching Factory tahun 2017. Adapun dana bantuan Teaching Factory digunakan untuk beberapa hal, seperti; pengembangan Non-Fisik (penyusunan perangkat-perangkat Tefa, pengembangan SDM, koordinasi dengan instansi/industri terkait, analisa dan penetapan kebutuhan bahan sarpras dan pengembangan Fisik (pengadaan bahan praktek, pengadaan dan perbaikan peralatan, rehabilitasi bengkel/lab atau ruang penunjang praktek dan kegiatan fisik terkait lainnya).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...