Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Discovery Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi

Mejlitha Kumendong (SD Negeri 04 Wanggarasi)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematikapada peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah desain Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 wanggarasi yang berjumlah 16 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan metode discovery pada peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tesPenelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dikatakan berhasil apabila siswa kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi yang mencapai KKM minimal 75%. Pembelajaran menerapkan metode discovery dengan guru menempelkan gambar di papan tulis dalam menjelaskan materi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi pada mata pelajaran matematika. Pada pra tindakan persentase KKM peserta didik secara klasikal yaitu 25%. Pada siklus I persentase KKM peserta didik secara klasikal sebanyak 50% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 25% dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II persentase KKM peserta didik secara klasikal yaitu 87,50% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 37,50% dari siklus I dimana persentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal KKM peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Wanggarasi secara klasikal adalah 75% .

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...