Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas I SDN 5 Bulango Selatan

Amna Dunda (Guru Kelas I SDN 5 Bulango Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar melalui media gambar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SDN 5 Bulango Selatan yang berjumlah 22 siswa. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penilaian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, tindakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanyapeningkatan kemampuan membaca lancar belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa sebesar 68,18% dan pada siklus II sebesar 86,36%. Hasil pengolahan data kemampuan membaca lancar pada siklus I dari 22 siswa hanya 3 siswa atau 13,6% yang mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan yaitu ada 15 siswa atau 68,18% yang mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II mencapai ketuntasan 86,36% yaitu siswa yang tuntas ada 19 dan yang belum tuntas hanya 3 anak. Peningkatan kemampuan membaca lancar Media gambar pada pembelajaranBahasa Indonesia kelas I dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Semoga media ini bisa menjadi salah satu alternatif media pembelajaran bagi rekan-rekan guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...