Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki peserta didik, pemahaman konsep merupakan tahapan penting dalam rangkaian pmbelajaran matematika. Semakin baik pemahaman konsep peserta didik maka semakin baik pula hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini ingin menganalisis pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuntitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Harjamukti, Sukatanni Tapos, Depok, terdiri dari 25 sampel yang ditentukan secara purposiveĀ sampling. Pengambilan data dengan cara pemberian tes pemahaman konsep pada materi aljabar dengan indikator pemahaman konsep yang telah ditentukan. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk mendapat informasi lebih dalam tentang pemahaman konsep peserta didik, wawancara dilakukan secara video call. Hasil dari penelitian menunjukkan pemahaman konsep matematika pada materi aljabar tergolong sedang.
Copyrights © 2021