Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 1 No. 03 (2021): Jurnal Jendela Pendidikan : Edisi Agustus 2021

Pendampingan Google Class Room (GCR) Tepat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Hebat

Giyarsih Giyarsih (Pengawas SMK Kulon Progo)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2021

Abstract

Wabah pandemi Covid-19 di Indonesia membuat banyak sekolah yang menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penerapan PJJ menuntut kesiapan dan kemampuan dari berbagai pihak, dari penyedia layanan pendidikan, sekolah besertaan seluruh warganya. PJJ maupun luring membutuhkan bantuan teknologi yang mumpuni dan dapat diakses dengan mudah. Ketidaksiapan sekolah dan guru dalam memfasilitasi kegiatan WFH daring merupakan suatu permasalahan yang segera diatasi. Masalah tersebut sangat penting untuk dipecahkan, mengingat dampak terhadap pengelolaan sekolah dalam hal proses pembelajaran sangat signifikan. Pendekatan yang saya gunakan adalah pendekatan humanis dengan cara monitoring, evaluasi, supervisi, pembinnaan, dan pendampingan. Tujuan pendampingan untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam menfasilitasi kegiatan daring, memotivasi guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran secara daring, memacu kreatifitas guru dalam menggunakan berbagai aplikasi untuk melaksaksanakan tugas pembelajaran, dan menganalisis hasil kinerja guru dalam memanfaatkan dan menggunakan berbagai aplikasi. Dari hasil pendampingan selama 1 tahun pada tahun 2020 di SMK N Temon menunjukkan sekolah siap menfasilitasi kegiatan daring dan ada peningkatan kreatifitas guru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...