Tujuan penelitian menganalisis Pengaruh langsung kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan 2) Untuk menganalisis Pengaruh langsung kualitas layanan dan kepercayaan terhadap loyalitas 3) Untuk menganalisis Pengaruh tidak langsung kualitas layanan dan kepercayaan terhadap loyalitas melalui kepuasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai data primer melalui kuisioner sebanyak 199 responden dengan populasi 395. Penelitian dilakukan dari bulan April sampai dengan bulan juni 2020. Data dianalisis menggunakan program SPSS V. 25 dan Amos v 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kualitas layana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jama’ah. (2) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jama’ah.(3) kepuasan jama’ah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitasjama’ah. (4) kualitas layanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas jama’ah (5) Kepercayaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas jama’ah (6) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan jama’ah (7) Kepercayaan jama’ah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan jama’ah. The Research objective to analyze the direct effect of service quality and trust on satisfaction 2) To analyze the direct effect of service quality and trust on loyalty 3) To analyze the indirect effect of service quality and trust on loyalty through satisfaction. This study uses a quantitative approach by using primary data through a questionnaire of 199 respondents with a population of 395. The study was conducted from April to June 2020. The data were analyzed using SPSS V. 25 and Amos v 25 programs. The results of this study indicate that: (1 ) service quality has a positive and significant effect on the satisfaction of the congregation. (2) trust has a positive and significant effect on jama'ah satisfaction. (3) jama'ah satisfaction has a positive and insignificant effect on jama'ah loyalty. (4) service quality has a positive and insignificant effect on congregational loyalty (5) Trust has a positive and insignificant effect on jama'ah loyalty (6) Service quality has a positive and significant effect on loyalty through jama'ah satisfaction (7) Jama'ah trust 'ah has a positive and significant effect on loyalty through jama'ah satisfaction.
Copyrights © 2020