Pandemi covid 19 membawa disrupsi kehidupan tidak terkecuali dunia pendidikan. Perubahan yang cepat menuntut kemampuan adaptasi dan kondisi distress terlebih pada pembelajaran praktik lapangan. Ansietas menjadi gejala awal mahasiswa yang mungkin bisa berdampak buruk pada prestasi dan hasil belajar mahasiswa. Penurunan imun, depresi dan penurunanan kualitas pendidikan menjadi muara risiko jika kondisi ansietas tidak ditangani.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan ansietas dengan tingkat prestasi mahasiswa kebidanan FK Undiksha selama mengikuti PKL di pelayanan kesehatan pada masa pandemi covid 19 Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi target yaitu seluruh mahasiswa Prodi D3 Kebidanan FK Undiksha berjumlah 198 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu probability random sampling dengan simple random sampling, sebanyak 39 orang. Kecemasan diukur dengan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Prestasi belajar didapat dengan data sekunder diukur dari nilai PKL mahasiswa. Analisis univariat secara deskriptif. Analisis bivariat dilakukan dengan uji Rank Spearman. Hasil menunjukkan bahwa ansietas memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar mahasiswa, nilai signifikansi p 0.04<0.05 dengan nilai r = -0.330 yang berarti bahwa Ho ditolak yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara ansietas dengan pertasi belajar mahasiswa kebidanan yang mengikuti program PKL. Semakin tinggi tingkat ansietas maka semakin rendah prestasi akademik mahasiwa dan begitu sebaliknya.Simpulan dari penelitian ini adalah ansietas berhubungan berlawanan arah dengan prestasi mahasiswa kebidanan semester v selama PKL.
Copyrights © 2021