Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 10, No 2 (2018): JULI 2018

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENERAPKAN STRATEGI LITERASI MELALUI WORKSHOP PTK DI SMP NEGERI 3 PONTIANAK

Subhan, Subhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2018

Abstract

Abstrak: Pemahaman guru tentang strategi literasi dalam pembelajaran sangat beragam. Salah satu upaya pengukuran keberhasilan pelaksanaan strategi literasi dalam pembelajaran yaitu melalui workshop  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah peningkatan kompetensi guru mata pelajaran menerapkan strategi literasi dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran melalui workshop penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 3 Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru mata pelajaran dalam menyusun RPP meningkat secara kuantitatif dari 90 kategori sangat baik (A) menjadi 96 kategori sangat baik (A). Kompetensi guru mata pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran meningkat secara kuantitatif dan kualitatif, yaitu dari 89 kategori baik (B) menjadi 96 sangat baik (A). Kompetensi guru dalam melakukan penilaian dari aspek daya serap juga terjadi peningkatan secara kuantitatif, yaitu dari 80% kategori baik (B) menjadi 88% kategori baik (B). Dari aspek ketuntasan klasikal, komptensi guru mata pelajaran juga meningkat secara kuantitatif maupun kualitatif, yaitu 63% kategori cukup (C) menjadi 85% kategori baik (B). Kata kunci: strategi literasi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran,  penilaian, workshop penelitian tindakan kelas 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...