Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 2 (2021): Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

IMPLEMENTASI PROGRAM DIGITAL MARKETING PADA PELAKU UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19

Rivani Rivani (Departemen Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Universitas Padjadjaran)
Anang Muftiadi (Departemen Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Universitas Padjadjaran)
Healthy Nirmalasari (Departemen Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Tantangan terberat pelaku UMKM di masa pandemi adalah adanya perubahan mengakses pasar karena terbatasnya tatap muka secara langsung. Dengan demikian diperlukan program digital marketing untuk menguatkan UMKM di masa pandemi. Metode pelaksanaan program ini dengan cara virtual, menggunakan aplikasi pendukung seperti Zoom Meeting, whatsapp, dan trello. Tahapan pelaksanaan program ada tiga: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dan tindak lanjut. Kesimpulannya program ini dapat meningkatkan kemampuan pemasaran digital para pelaku UMKM terutama pada digitalisasi produk dan promosi. Sedangkan, tindak lanjutnya pelaku UMKM dapat terus memperbaiki strategi pemasaran digitalnya serta mendapat fasilitasi akses lanjutan pembinaan kepada Oorange – Pusat Inkubator Bisnis Universitas Padjadjaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kumawula

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, dengan nomor terdaftar ISSN 2620-844X (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Studi Desentralisasi dan Pembangunan Partisipatif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Jurnal ini meliputi berbagai ...