Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 3, No 3 (2021): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP

Novita Ayu Andani (Universitas PGRI Semarang)
Nizaruddin Nizaruddin (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran  Make A Match dan Problem Posing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Mranggen Demak tahun pelajaran 2018/ 2019. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Sebagai sampel diambil tiga kelas yaitu kelas eksperimen pertama dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match, kelas eksperimen kedua  dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumne yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji anava dua jalan, dan uji pasca anava. Hasil penelitian menunujukkan (1) terdapat perbedaan antara model pembelajaran Make A Match, model pembelajaran Problem Posing dan model pembelajaran konvensional, (2) prestasi belajar siswa model pembelajaran Make A Match lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional, (3) prestasi belajar siswa model pembelajaran Problem Posing lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional, (4) prestasi belajar siswa model pembelajaran Make A Match lebih baik dari pada model pembelajaran Problem Posing, (5) tidak terdapat hubungan antara model pembelajaran dengan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Make A Match lebih baik daripada model pembelajaran Problem Posing dan model Konvensional pada materi himpunan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...