Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 5 No 1 (2021): April

Analisis Kesesuaian Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Penerbit Erlangga Materi Aritmatika Sosial

Wahyulia, Lisa (Unknown)
Hanifah, Hanifah (Unknown)
Agustinsa, Ringki (Unknown)
Utari, Tria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Buku teks pelajaran yang sesuai dengan standar dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merupakan buku teks yang berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Namun, permasalahan yang ditemukan ternyata masih terdapat buku teks yang perlu ditinjau ulang baik dari aspek materi/isi maupun dari aspek penyajian karena belum memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh BSNP untuk mendukung tercapainya Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang terdapat dalam silabus pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian buku teks matematika SMP kelas VII semester II kurikulum 2013 edisi revisi 2016 penerbit Erlangga pada materi aritmatika sosial dengan standar BSNP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kulitatif (Descriptive Qualitative Research). Subjek dalam penelitian ini adalah materi aritmatika sosial yang terdapat dalam buku matematika SMP kelas VII semester II Kurikulum 2013 edisi revisi 2016 penerbit Erlangga karangan M. Cholik Adinawan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian buku teks dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ditinjau dari aspek materi/isi dan aspek penyajian. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks matematika ditinjau dari aspek materi mencapai 69,93% kategori sesuai sedangkan aspek penyajian mencapai 59,38% kategori cukup sesuai

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...