Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 5 No 1 (2021): April

Analisis Uji Kompetensi Materi Lingkaran Pada Buku Kemendikbud Edisi Revisi 2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom

arli, muharis hamdi (Unknown)
rusdi, rusdi rusdi (Unknown)
yensy, nurul astuty (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat proses kognitif soal uji kompetensi pokok bahasan lingkaran pada buku kemendikbud matematika SMP kelas VIII semester II berdasarkan Takksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskritif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal pada Buku Kemendikbud Matematika SMP/MTs kelas VIII revisi 2017 oleh Abdur Rahman Dkk. Analisis butir soal yang dilakukan menggunakan Taksonomi Bloom Revisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi, dan lembar observasi kesesuaian soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkatan proses kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi, Soal Uji Kompetensi Matematika SMP Kelas VIII Semester II pada pokok bahasan lingkaran pada kategori Level kognitif  C2 (Memahami) sebanyak 5,88% (2 butir soal), C3 (Mengimplementasikan) sebanyak 50% (17 butir soal), C4 (Menganalisis sebanyak 41,18% (14 butir soal), C5 (Mengevaluasi) sebanyak 2,94% (1 butir soal).Kata Kunci : Analisis Soal, Dimensi Kognitif, Taksonomi Bloom.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...