Jurnal Manajemen dan Bisnis Baja (JUMANIS BAJA)
Vol 3 No 02 (2021): JUMANIS - BAJA Jurnal Manajemen dan Bisnis Banten Jaya Prodi Kewirausahaan Fakul

PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Eha Ramadhani (Universitas Banten Jaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return Saham Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan variabel kontrol berupa Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 11 dari 18 saham perusahaan sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2017 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara parsial variabel Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return Saham meski telah dikontrol dengan Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan, Return On Equity (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham dengan dikontrol dengan Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan, dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return Saham meski telah dikontrol dengan Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan. Kemudian ditemukan bahwa secara simultan Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham dengan dikontrol oleh Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan. Hasil analisis Adjusted R Square sebesar 0,370 yang menunjukkan bahwa Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) dengan dikontrol oleh Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan mampu memberikan kontribusi terhadap Return Saham sebesar 37%, sementara 63% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2021