AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam)
Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam

Minat Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Studi Peradaban Islam

Rena wati Renawati (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Aninditya Sri Nugraheni (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana minat mahasiswa dalam pembelajaran daring serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran pada mata kuliah studi peradaban islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Minat merupakan suatu yang sangat berarti untuk seorang dalam melakukan sesuatu kegiatan. Dengan minat orang akan berusaha mencapai tujuannya. Oleh sebab itu minat dikatakan sebagai salah satu aspek psikis manusia yang bisa menjadi penguat dalam menggapai suatu tujuan. Adapun Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil dari peneletian ini menunjukkan bahwa minat mahasiswa pada studi peradaban islam melalui pembelajaran daring kurang efektif, disebabkan oleh kendalanya jaringan internet yang kurang bagus didaerah tempat tinggal mahasiswa seperti yang ada di luar kota, dengan keterbatasan signal membuat mereka tidak efektif dalam mengikuti pembelajaran daring. Apalagi dengan menggunakan zoom meeting mahasiswa yang berada di pelosok sangat terkendala, sehingga ketika perkuliahan berlangsung yang dilaksanakan khususnya pada studi peradaban islam menjadi kurang peminatnya meskipun dengan menggunakan whatsapp group.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Alhikmah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam) p-ISSN 2685-4139 e-ISSN 2656-4327 menerbitkan naskah ilmiah. yang berkaitan dengan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Agama Islam secara berkala (2 kali setahun). Jurnal ini dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas ...