Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat kelas X SMA Daerah Meranti Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X-A dan X-B) yang diambil secara total sampling. Pada kelas X-A sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan saintifik dan pada kelas X-B sebagai kelas kontrol menggunakan ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,5 dan kelas kontrol 67,08. Hasil uji t diperoleh  maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh Ada Pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat kelas X SMA Daerah Meranti.
Copyrights © 2018