HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol 5, No 2 (2016)

METODE VARIATIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 19 / VIII PUNTI KALO KABUPATEN TEBO

surya habibi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2017

Abstract

AbstrakDalam proses pembelajaran, seorang guru dituntut mampu mengkolaborasikan metode pembelajaran secara baik. Pilihan penggunaan variasi metode pembelajaran digunakan untuk memahami terlebih dahulu karakteristik  dan kebutuhan pembelajaran siswa. Pilihan itu tentu akan disesuaikan dengan ketepatan dalam memilih metode pengajaran oleh bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana penerapan variasi metode dalam proses pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri (SDN) No.19/VIII Punti Kalo. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pemahaman dan penerapan variasi metode dalam proses pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri (SDN) No.19 / VIII Punti Kalo berjalan positif dan baik. Sebagian besar guru tidak hanya berorientasi pada satu atau dua metode saja dalam melaksanakan proses pembelajaran; 2) Kendala dalam penerapan variasi metode pembelajaran PAI secara umum tidak berpengaruh terhadap variasi metode yang digunakan guru PAI; dan 3) Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan pengetahuan tentang metode, menciptakan validitas perencanaan pembelajaran dengan cara pengaturan alokasi waktu yang akurat, pemilihan dan menyeleksi metode yang tepat untuk divariasikan, dan menyeleksi materi yang sesuai dengan variasi metode. Kata Kunci: Metode, Variatif, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI)

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

hikmah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ...