Adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid 19 ini telah membawa suatu permasalahan pada proses pembelajaran yang dirasakan oleh sekolah mitra. Salah satu permasalahan yang dirasakan berupa kemampuan para guru masih di dominasi kemampuan dalam pembelajaran langsung. Selain itu keberadaan gadget yang dimiliki peserta didik kurang dimanfaatkan dengan maksimal selama proses pembelejaran jarak jauh ini. Berdasarkan keadaan yang ada saat ini, maka perlu upaya dan langkah nyata dalam bentuk pembimbingan sebagai wujud kegiatan pengabdian yang perlu dilakukan untuk menjembatani masalah yang ada. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan agar guru-guru IPA pada khususnya dan guru-guru bidang lainnya di sekolah mitra pada umumnya mampu mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pemanfaatan bahan ajar elektronik berbantuan flip pdf professional. Metode pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari tahap persiapan dan pembekalan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 26 guru-guru di SMPN 18 Banjarmasin dan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2021 selama 1 (satu) hari secara luring berupa suatu pelatihan. Hasil kegiatan pengabdian ini diantaranya: (1) dapat melatihkan kemampuan para guru-guru dalam membuat bahan ajar berbasis kearifan lokal lahan basah; (2) dapat melatihkan soft skill para guru-guru dalam membuat bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional; (3) dapat melatihkan keterampilan literasi multimedia pada para guru-guru peserta kegiatan pengabdian. Kegiatan pengabdian ini terlaksana dengan baik dilihat dari hasil respon peserta pengabdian pada akhir kegiatan. Selain itu peserta kegiatan juga memberikan masukan akan perlunya pelatihan serupa dengan jenis media atau aplikasi e-learning lainnya. A distance learning policy during the covid 19 pandemics has brought a problem to the learning process felt by partner schools. One of the perceived problems in the form of the ability of teachers is still dominated by the ability of indirect learning. In addition, the existence of gadgets owned by students is not utilized optimally during this distance learning process. Based on the current situation, real efforts and steps are needed in mentoring as a form of service activities that need to be done to bridge the existing problems. This community service activity aims that science teachers in particular and other field teachers at partner schools, in general, can optimize the learning process by using electronic teaching materials assisted by professional flip pdfs. The method of implementing this service consists of the stages of preparation and debriefing, implementation and evaluation. This service activity was attended by 26 teachers at SMPN 18 Banjarmasin and was held on May 25, 2021, for 1 (one) day offline in the form of training. The results of this service activity include: (1) being able to train the abilities of teachers in making teaching materials based on local wetland wisdom; (2) can train the soft skills of teachers in making electronic teaching materials using professional flip pdf; (3) can train multimedia literacy skills for teachers participating in community service activities. This service activity was carried out well, seen from the results of the response of the service participants at the end of the activity. In addition, the activity participants also provided input on the need for similar training with other types of media or e-learning applications.
Copyrights © 2021