Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)
Vol 10, No 2 (2021): Agustus 2021

MANAJEMEN PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 MIJEN KABUPATEN DEMAK

Puji Indah Diah Hastuti (Guru di Kabupaten Demak)
Ngurah Ayu Nyoman Murniati (Universitas PGRI Semarang)
Titik Haryati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2021

Abstract

Keterlaksanaan suatu program termasuk adiwiyata membutuhkan pengelolaan/ manajemen yang tepat, jika fungsi-fungsi manajemen dapat dilaksanakan, maka program kerja akan dapat terlaksana dengan efektif dan efesien, demikian sebaliknya program adiwiyata tanpa manajemen yang tepat akan berdampak terhadap kegagalan program tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisisis 1) perencanaan program adiwiyata di Sekolah Menengah Pertama  Negeri 1 Mijen Kabupaten Demak, 2) pengorganisasian program adiwiyata di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mijen Kabupaten Demak, 3) pelaksanaan program adiwiyata di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mijen Kabupaten Demak, dan 4) pengawasan program adiwiyata di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mijen Kabupaten Demak. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. analisis data kualitatif model Miles, Huberman dan Saldana meliputi Pengumpulan data/data collection. kondensasi data/data condensation, data display, conclusion drawing/ verification. Uji keabsahan data meliputi validitas internal, validitas eksternal, reliabilitas, obyektivitas. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan program adiwiyata meliputi menyusun RKAS,  menyusun dan mengembangkan kurikulum terintegrasi dengan PRLH, menyusun pelatihan guru untuk integrasi materi 3R dalam mapel, menyusun program kegiatan berwawasan lingkungan, membentuk kader Adiwiyata, perencanana pada aspek partisipasi dan kerjasama. 2) Pengorganisasian program adiwiyata meliputi membentuk kepengurusan TIM adiwiyata, kepengurusan TIM adiwiyata dibentuk selama masa periode satu tahun, pengorganisasian program adiwiyata membagi tugas dengan mengukur kompetensi dan kelayakan sesuai dengan TUPOKSI, koordinasi dan komunikasi antar Pokja untuk melakukan sinergitas kerja, 3)  Pelaksanaan program adiwiyata meliputi a) pembelajaran yang mengintegrasikan Penerapan PRLH b) Penerapan PRLH untuk masyarakat di lingkungan luar sekolah, c)  Membentuk jejaring kerja dan komunikasi, d) Kampanye dan publikasi Gerakan PBLHS, e)  Membentuk dan memberdayakan Kader Adiwiyata. 4) Pengawasan pelaksanaan program Adiwiyata meliputi pengawasan secara internal dan eksternal. Pengawas internal yaitu kepala sekolah dengan pengawasan secara langsung dan tidak langsung. Pengawas eksternal dari BLH (Badan Lingkungan Hidup) dan komite sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

urnal Manajemen Pendidikan (JMP). Published 3 times a year in April, August and December contains scientific papers on research and education management theory studies Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) published by Prodi Management Education PPs University PGRI Semarang. The editor receives ...