JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 15 No 2 (2021): SEPTEMBER 2021

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT.KERETA API INDONESIA DAERAH OPERASIONAL IX JEMBER

Rohmat Wahid Arrasy (unej)
Joko Widodo (Universitas Jember)
Sri Wahyuni (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuann mengetahui adanya Pengaruhh signifikan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT.Kereta Api Indonesia daerah operasional IX Jember. Penelitian memakai metode purposive area yakni di Daerah Operasional IX Jember. Responden yang dipakai berjumlah 50 responden dengan memakai metode Accidental Sampling. Pengumpulan data memakai metode: angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti memakai uji instrument berupa uji validitas dan uji reliabilitas dengan teknik mengolah data berupa editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data memakai analisis inferensial dengan garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F koefisien determinasi dan standart error of estimates. Hasil uji Fhitung = 246,696 > Ftabel = 4,043 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <a = 0,05. Untuk nilai varian garis regresi yaitu sebesar 0,915 tergolong sangat kuat. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 83,7% pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dan sisanya 16,3% dipengaruhi oleh variabel bebas lain seperti kualitas produk, harga, dan faktor pribadi dari konsumen. Sehingga pelayanan yang baik maka akan menciptakan kepuasan konsumen di PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasional IX Jember.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and ...