DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol 2, No 2 (2021): Juni 2021

ANALISIS PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALGLAGAH 03 KABUPATEN BREBES

Lizza Ainur Rohmi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Rahmat Rais (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Asep Ardiyanto (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi dalam pembelajaran serta hasil belajar siswa yang rendah pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share berbantu media audiovisual terhadap hasil belajar tema 4 subtema 1 untuk kelas IV SDN Sendangmulyo 03 Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk One-Group Pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah sebagian siswa kelas IV SDN Sendangmulyo 03 Semarangyang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data dalam peneliti ini diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran think pair share berbantu media audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar tema 4 subtema 1 siswa kelas IV SDN Sendangmulyo 03 Semarang.Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema 4 subtema 1, Media audiovisual, Model pembelajaran Think Pair Share

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dwijaloka

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is a journal which publish articles concerned with education in elementary, junior, and high schools. Basic is published in March, July, and November ...