DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah
Vol 2, No 2 (2021): Juni 2021

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MELALUI VARIASI MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI KARANGMONCOL 05 PEMALANG

Belia Ayu Saputri (Unknown)
Rahmat Rais (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Eka Sari Setianingsih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar melalui variasi model dan media pembelajaranĀ  terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan jenis penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Karangmoncol 05 Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian diambil dengan teknik Probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabelĀ  yaitu 10,660 > 2,042 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar melalui variasi model dan media pembelajaranĀ  terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Karangmoncol 05 Pemalang.Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dwijaloka

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah is a journal which publish articles concerned with education in elementary, junior, and high schools. Basic is published in March, July, and November ...