Artikel ini akan mengkaji teks,buku, ataupun berbagai naskah publikasi tentang prinsip kognitif dalam pengajaran bahasa. Sumber data diperoleh dari data hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan metode library research. Adapun langkah-langkahnya ialah mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, membandingkan berbagai referensi yang kemudian diolah untuk mendapatkan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari berbagai artikel, jurnal yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas. Prinsip kognitif merupakan prinsip pertama dalam pengajaran bahasa. Dikatakan sebagai prinsip pertama karena cakupan prinsip ini berhubungan dengan mental intelektual (otak). Dengan demikian, hal-hal  yang berkaitan dengan berbagai aktivitas otak termasuk ke dalam prinsip kognitif. Terdapat lima bagian dari prinsip kognitif ini, di antaranya otomatisitas, pembelajaran bermakna, antisipasi penghargaan, motivasi instrinsik, dan strategi investasiKata kunci: kognitif, pengajaran, bahasa, otomasi, investasiAbstractThis article will examine texts, books, or various published manuscripts on cognitive principles in language teaching. Sources of data obtained from data from previous research. This research uses library research method. The steps are collecting library data, reading, taking notes, comparing various references which are then processed to get conclusions. This study uses secondary data from various articles and journals related to the material being discussed. The cognitive principle is the first principle in language teaching. It is said to be the first principle because the scope of this principle is related to the intellectual mental (brain). Thus, matters relating to various brain activities are included in the cognitive principle. There are five parts of this cognitive principle, including automaticity, meaningful learning, reward anticipation, intrinsic motivation, and investment strategy.Keywords: cognitive, teaching, language, automation, investment 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021