Pembelajaran Kimia pada materi Hidrokarbon di SMA Negeri Unggul Subulussalam masih tergolong rendah, hal itu dibuktikan dengan hasil belajar yang belum mencapai kriteria kentuntasan minimal. Selain itu berdasarkan hasil observasi ditemukan berbagai masalah lain yang menyebabkan hasil belajar kurang maksimal diantaranya adanya pemikiran bahwa pembelajaran pada materi tersebut sulit dipelajari dan kurangnya variasi guru dalam menerapkan suatu metode, sehingga apa yang diajarkan kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan upaya tindakan kelas supaya hasil belajar mengalami perbaikan, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Bidang Studi Kimia pada Pokok Bahasan Senyawa Hidrokarbon. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode PTK (penelitian tindakan kelas) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Selain itu tindakan dalam penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I sebesar 60,00, sedangkan pada siklus II sebesar 80,17.
Copyrights © 2021