Pedagogia: Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2014): February

Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan: Using Picture and Picture Learning Model to Improve Students' Writing Ability

Heriyanto, Heriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2014

Abstract

Karangan sebagai salah satu hasil karya menulis, merupakan hasil pekerjaan dari mengarang. Menulis karangan dalam penelitian ini adalah menulis karangan narasi. Salah satu masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah kesulitan siswa dalam menulis karangan yang baik dan benar, yang juga terjadi pada siswa kelas IVA SDN Pinggir Papas 1. Pembelajaran menulis karangan dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and picture diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam hal menulis karangan. Untuk itu, dilakukan penelitian terhadap siswa kelas IVA SDN Pinggir Papas I Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep yang berjumlah 33 siswa. Penelitian dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan” ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari tahap rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh berupa nilai hasil LKS dan kuis individu berupa menulis karangan, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta penilaian penggunaan model pembelajaran kooperatif picture and picture, juga hasil respon siswa. Dari hasil analis menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IVA SDN Pinggir Papas 1. Peningkatan ini terjadi pada nilai rata-rata LKS, yaitu dari 55 menjadi 71,6. Adapun hasil karangan individu siswa dari rata-rata 56,7 dengan ketuntasan 55% menjadi 74,5 dengan ketuntasan mencapai 88% atau terjadi peningkatan sebesar 33% dari siklus I.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Aim : This journal aimed at communicating the results of research of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of education covering teaching areas in primary education or all education, applied science and critical analytical studies education. - Readers targeted by this ...