Pedagogia: Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2014): August

Memahami Konsep Matematika Pada Materi Sifat-Sifat bangun Ruang Pada Kelas VB Melalui Kolaborasi Metode Ceramah Demonstrasi dan Eksperimen: Understanding Mathematical Concepts in Materials of the Properties of Spatial Structures in Class VB through Collaborative Lectures, Demonstration and Experimental Methods

Masduri, Masduri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2014

Abstract

Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 2 siklus, diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas VB dapat ditingkatkan melalui penerapan metode ceramah yang dikolaborasi dengan metode demonstrasi dan eksperimen. Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa selama 2 siklus menunjukkan 93% siswa aktif mengikuti proses pembelajaran. Hasil angket respon siswa juga menunjukkan bahwa siswa tertarik mengikuti pembelajaran dengan metode kolaborasi yang digunakan guru dengan angka persentase 80% siswa menjawab“ya”.Penerapan metode ceramah, demonstrasi dan eksperimen yang dikolaborasi juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep matematika pada materi Sifat-sifat Bangun Ruang. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai tes hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥70 (KKM) sebanyak 29 orang atau sekitar 96,7% pada siklus II secara klasikal dapat dikatakan tuntas, dari yang sebelumnya hanya ada 12 orang siswa (40%) pada siklus I. Nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 64,5 pada siklus I menjadi 86,5 pada siklus II. “ya”.Penerapan metode ceramah, demonstrasi dan eksperimen yang dikolaborasi juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep matematika pada materi Sifat-sifat Bangun Ruang. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai tes hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥70 (KKM) sebanyak 29 orang atau sekitar 96,7% pada siklus II secara klasikal dapat dikatakan tuntas, dari yang sebelumnya hanya ada 12 orang siswa (40%) pada siklus I. Nilai rata-rata siswa juga meningkat dari 64,5 pada siklus I menjadi 86,5 pada siklus II.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Aim : This journal aimed at communicating the results of research of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of education covering teaching areas in primary education or all education, applied science and critical analytical studies education. - Readers targeted by this ...